Jumat, 15 November 2019

Arti Dari Bagian Lauk Nasi Tumpeng

Pada setiap hari besar hidangan nasi berupa kerucut ini menjadi diva. Nasi putih atau kuning dibuat seperti gunung dengan lauk-pauk mengitarinya, nyatanya setiap lauk punyai arti serta simbol sendiri, semua untuk kesesuaian hidup.



Nasi tumpeng melambangkan bentuk rasa sukur pada Tuhan sebab memiliki bentuk meruncing di atas, bermacam lauk pauk seperti ikan, ayam, urap, telur, serta serundeng juga tidak sebatas di taruh, setiap lauk sebagai wakil beberapa unsur alam yang dengan adat di turunkan oleh leluhur. Nah bagi anda yang ingin memesan tumpeng di sekitaran Jakarta, anda bisa datang langsung ke Nasi Tumpeng Jakarta .

Apa saja makna dari nasi tumpeng?

Nasi adalah menu penting pada sajian ini. Nasi putih atau nasi kuning dapat dipakai serta dibuat kerucut dengan lambang jika semua makhluk di dunia dibuat oleh Tuhan. Putih bermakna suci, karenanya nasi tumpeng putih tetap diberikan dalam upacara keagamaan.

Jika nasi kuning yang digunakan, ini berarti kesejahteraan, kekayaan, atau rezeki yang melimpah. Tumpeng nasi kuning seringkali dibikin untuk acara keagamaan serta tidak menggunakan lauk-pauk. untuk perayaan ulang tahun atau kelahiran bayi.

Hewan laut harus juga tersaji jadi lauknya. Umumnya ikan lele yang dipakai. Sebab hidup di fundamen sungai, ikan ini diakui jadi lambang ketabahan serta keuletan dalam kehidupan. Lambang kerukunan serta kebersamaan ada pada ikan teri serta ikan pethek. Karenanya ikan ini diberikan jadi lauk-pauk tumpeng serta umumnya digoreng tepung atau biasa.

Lauk hewani yang hidup di darat punyai lambang tertentu. Umumnya yang diambil ialah ayam jantan, sebab diprosesnya gampang serta harga relatif murah. Lauk dengan lambang ketenangan hati ini digoreng dengan bumbu kuning.

Telur rebus pindang diberikan bersama dengan kulitnya serta tidak dipotong awalnya. Ini melambangka, bila telur dikupas waktu ingin mengkonsumsinya bermakna semua aksi harus diperkirakan serta dikerjaan sesuai dengan untuk hasil yang prima.

Sayur-sayuran lengkapi isian lauk-pauknya. Umumnya yang seringkali tersaji ialah urap. Ada kangkung (membuat perlindungan), bayam (tenteram), kacang panjang (pertimbangan yang jauh), tauge (tumbuh), serta kluwih (kelebihan). Sambal urap mempunyai lambang spesial. Urap bermakna urip atau hidup yang bermakna dapat menghidupi atau menafkahi keluarga.
Load disqus comments

0 komentar