Minggu, 16 Februari 2020

Pentingnya Meragukan Anemia Pada Anak

 Anemia yang terjadi pada anak dikarenakan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah Pentingnya Mewaspadai Anemia pada Anak


Pentingnya Mewaspadai Anemia pada Anak. Anemia yang terjadi pada anak dikarenakan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin itu sendiri merupakan protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Di sampan itu juga berfungsi membawa zat CO2 kembali ke paru-paru untuk dibuang keluar tubuh. Sedikitnya 80 persen anak dan balita di Negara berkembang diduga terkena anemia.


Gejala Anemia pada Anak


Anemia pada anak biasanya ditunjukkan oleh gejala-gejala sebagai berikut:
  • Badan lesu
  • Pucat
  • Gampang pusing
  • Detak jantung lebih cepat dari biasanya
  • Daya tahan tubuh yang lemah

Penyebab Anemia pada Anak


Penyebab utama anemia secara umum ialah kurangnya zat besi dalam darah. Hal ini biasanya diakibatkan lantaran kurangnya asupan zat besi pada kuliner dan minuman yang dikonsumsi bawah umur yang bersangkutan. Di samping penyebab utama itu ternyata diketahui juga beberapa factor pemicu resiko anemia pada anak, antara lain:

  • Khusus untuk anemia pada bayi terutama lantaran dukungan ASI yang terlalu cepat tidak boleh padahal kadar zat besi yang terkandung di dalam ASI jauh lebih tinggi dan praktis diserap dibandingkan pada susu formula.
  • Anemia pada anak biasanya dipicu lantaran bawah umur terlalu banyak minum susu formula yang miskin zat besi sehingga menyebabkan kurangnya nafsu makan. Dengan demikian asupan zat besi melalui kuliner menjadi kurang optimal.
  • Pola makan anak dan asupan gizi pada kuliner yang tidak seimbang.
  • Anak-anak yang terlahir prematur dengan berat tubuh rendah lebih beresiko terkena anemia.

Akibat Anemia pada Anak


Anemia pada anak yang berkepanjangan akan berdampak jelek bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang bersangkutan. Dampak jelek itu antara lain pertumbuhan fisik yang terhambat, berkurangnya kemampuan berguru sebagai akhir terganggunya neurologis anak serta tingkat kecerdasan yang relative lebih rendah.

Penelitian yang telah dilakukan di Meksiko menyebutkan bahwa akhir lebih jelek dari anemia pada anak ditunjukkan dari cara berjalan anak yang tidak sempurna. Hal itu disebabkan lantaran terganggunya fungsi motorik anak yang bersangkutan. Dengan melihat akibat-akibat jelek dari anemia pada anak di atas maka pengetahuan wacana kemungkinan anemia pada anak musti diwaspadai semenjak dini.
Load disqus comments

0 komentar