Rabu, 18 Maret 2020

Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Persiapan Persalinan


Apabila sudah mendekati hari perkiraan lahiran atau lebih sering dikenal dengan istilah HPL biasanya seorang akan mulai panik dan bingung persiapan persalinan apa saja yang perlu dibawa. Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali akan melewati masa persalinan tentunya rasa bingung, panik akan campur aduk menjadi satu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan beberapa persiapan untuk menyambut kelahiran buah hati ke dunia. Tidak perlu panik, Anda harus tetap rileks dan santai sehingga nanti proses persalinan bisa berjalan dengan lancar sampai dengan janin keluar.


Ada banyak sekali persiapan untuk lahiran yang perlu Anda siapkan jauh hari sebelum hari lahiran tersebut semakin dekat. Semakin matang persiapan Anda juga akan semakin tenang tentunya. Jadi Anda bisa fokus untuk proses lahiran saja tidak perlu bingung untuk memikirkan hal remeh-temeh untuk persiapan melahirkan. Beberapa persiapan untuk lahiran tersebut terdiri dari persiapan biaya lahiran, persiapan untuk alat-alat pribadi di rumah sakit dan lain-lain.

Agar proses lahiran bisa berjalan dengan lancar, Anda harus benar-benar matang mempersiapkan beberapa persiapan yang jumlahnya tidak sedikit tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan supaya persiapan tersebut tidak ada yang lupa dan nantinya akan membuat diri Anda susah, maka salah satu solusinya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencatat segala sesuatu yang memang benar-benar dibutuhkan. Di bawah ini adalah beberapa daftar persiapan untuk melahirkan:

  1. Pilih Rumah Sakit dan Dokter Yang Tepat
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan lahiran tersebut adalah dengan mencari rumah sakit dan dokter yang tepat sehingga nanti pas hari lahiran tiba Anda tidak bingung untuk memilih rumah sakit mana yang akan menjadi tujuan Anda. Selain memilih rumah sakit salah satu hal yang perlu Anda ingat dan tidak boleh dilupakan adalah memilih dokter yang tepat.

  1. Barang-Barang Untuk Ibu
Ada banyak sekali barang yang harus Anda bawa untuk menyambut kelahiran buah hati Anda. Mulai dari perlengkapan bayi sampai dengan perlengkapan ibu. Beberapa barang tersebut antara lain terdiri dari jam tangan. Jam tangan sangat penting untuk Anda bawa karena Anda bisa tahu seberapa sering Anda mengalami kontraksi. Selain itu Anda juga perlu membawa minyak untuk pijat, pakaian yang nyaman, peralatan mandi dan pakaian dalam, pembalut dan juga bra khusus untuk ibu menyusui.

  1. Barang-Barang Untuk Bayi
Ada beberapa barang yang perlu Anda persiapkan yang nantinya akan Anda gunakan untuk menyambut kelahiran bayi Anda. Pertama adalah jangan lupa membawa popok bayi, selimut, sarung tangan khusus bayi, topi bayi, pakaian bayi sampai dengan kaos kaki untuk bayi jangan sampai lupa. Mungkin memang ada beberapa rumah sakit yang memang sudah lengkap mempersiapkan beberapa kebutuhan bayi. Tetapi alangkah lebih baik apabila Anda mempersiapkan segala sesuatunya sendiri.

Persiapan persalinan sebenarnya memang bukan merupakan hal yang sulit. Tetapi semuanya memang diperlukan suatu persiapan yang matang sehingga hati bisa tenang dan fokus untuk lahiran saja. Apabila pikiran ibu cemas dan terbagi-bagi dengan hal lain kondisi tersebut tidak bagus untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Jika perlu Anda juga harus sering melakukan konsultasi dengan dokter supaya Anda tahu apa saja yang perlu di bawa dan di persiapkan sehingga tidak ada yang lupa.


Load disqus comments

0 komentar